cover
Contact Name
Frenta Helena Simaibang
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+628119114381
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
ISSN : 26562847     EISSN : 26561018     DOI : 10.37012/jpkmht
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa di berbagai bidang keilmuan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin" : 6 Documents clear
Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Melalui Sosialisasi Potensi Bahaya di Sekolah Djaali, Nur Asniati; Usman, Syarif; Simaibang, Frenta Helena
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v2i1.290

Abstract

Terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat bekerja atau beraktifitas sehari-hari dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja, tidak terkecuali pada siswa saat berada di lingkungan sekolah. Kecelakaan dan penyakit akibat pekerjaan atau aktifitas adalah suatu hal yang dapat dihindari lebih dini seandainya pekerja atau siswa mengetahui tentang potensi bahaya yang ada di sekitar mereka. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberikan kontribusi keilmuan prodi kesehatan masyarakat dalam memecahkan permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang ada di masyakarat khususnya di sekolah. Secara khusus kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa/i dan warga sekolah tentang potensi bahaya di sekolah dan kemungkinan faktor resiko kecekalaan dan penyakit akibat aktifitas disekolah, serta meningkatkan kemampuan siswa dalam upaya pencegahan dan penanganan terhadap bahaya atau penyakit akibat beraktifitas di sekolah. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMA Negeri 93 Jakarta yang berlokasi di daerah kramat jati Jakarta Timur berjarak sekitar 1,5 km dari kampus UMHT.  SMA Negeri 93 merupakan salah satu sekolah pemerintah yang membutuhkan perhatian dalam penerapan kesehatan dan keselamatan kerja di sekolah. Solusi yang ditawarkan melalui kegiatan ini adalah melakukan idenfitikasi potensi bahaya di sekolah, penyuluhan terkait faktor resiko dan penanganan terhadap kecelakaan dan penyakit akibat kerja di sekolah, pemasangan tanda bahaya dan poster K3, serta dilakukan simulasi dalam penerapan K3 di sekolah. Dengan kegiatan ini diharapkan akan terjadi penerapan budaya kesehatan dan keselamatan kerja di sekolah.
Pelatihan Melafal Kata dalam Bahasa Inggris pada Kelompok Pengamen di Jatimulya Kabupaten Bekasi Ramdani, Akhmad Subkhi; Anggraeni, Noerlina
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v2i1.106

Abstract

Kemampuan bermain musik para pengamen yang berada di daerah Jatimulya memang tidak bisa dibilang sangat baik, namun hal itu cukup dapat menghibur para pendengarnya. Satu hal yang sangat disayangkan adalah kemampuan mereka dalam menyanyikan lagu yang menggunakan bahasa inggris. Maraknya penggunaan smartphone oleh masyarakat sekarang ini juga menjadi salah satu alasan kegiatan ini muncul. Dalam hal ini, kami memberikan sebuah pelatihan dalam bahasa inggris menggunakan multi media dengan metode audio visual yang diperuntukan bagi para pengamen agar mereka mampu untuk mengucapkan kata dalam bahasa inggris yang pada akhirnya mampu menyanyikan lagu dalam bahasa inggris tersebut secara benar dan tepat. Pelatihan ini diberikan kepada para pengamen sebanyak 12 kali pertemuan, 4 kali seminggu dengan alokasi waktu 120 menit/pertemuan dengan menggunakan media Voki sebagai alat bantu dalam pelaksanaannya. Kami juga membagi pelatihan menjadi beberapa tahapan: melafal kata, melafal huruf, dan melafal kalimat. Hal ini kami lakukan agar para pengamen tersebut lebih mudah dalam mempelajari pelafalan dalam bahasa inggris. Hasil dari kegiatan ini terlihat para pengamen tersebut terdengar mampu untuk menyanyikan lagu dalam bahasa inggris dengan baik
Pelatihan Pengelolaan Limbah Medis Padat Suhermi, Suhermi
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v2i1.201

Abstract

Pengelolaan Kesehatan lingkungan rumah sakit adalah upaya pencegahan penyakit dan/atau gangguan kesehatan dari faktor risiko lingkungan. baik dari aspek fisik, kimia, biologi, maupun social. Upaya yang dilakukan rumah sakit dalam rangka pengelolaan kesehatan lingkungan yaitu menyelenggarakan pelayanan sanitasi rumah sakit, salah satunya adalah pengelolaan limbah. Pengelolaan limbah merupakan salah satu aspek strategis dari rumah sakit, karena dengan pengelolaan limbah yang baik dan benar akan menekan biaya pengolahan, mencegah infeksi dan menciptakan citra yang baik bagi rumah sakit. Pengelolaan limbah medis padat di mulai dari pemilahan, pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, transportasi dan berakhir di tempat penyimpanan sementara untuk menunggu pembakaran. Timbulan Jumlah limbah medis padat seperti : bekas perban, sisa-sisa kapas, jarum suntik, infus set, ampul/vial obat, kaca preparat dan lain-lainnya sebanyak ± 16 - 55 kg per hari, yang dihasilkan dari unit rawat jalan dan rawat inap selanjutnya akan disimpan di Tempat Penyimpanan Sementara Limbah Medis Padat. Adapun lokasi Tempat Penyimpanan Sementara limbah medis padat di Rumah Sakit Azra berada dalam satu ruangan  dengan mesin insenerator dan ruangan petugas limbah medis. tempat penyimpanan sementara limbah medis padat yang ada di Rumah Sakit AZRA Bogor disarankan terpisah dengan ruangan petugas sanitasi. Petugas sanitasi sebaiknya mendapatkan ruangan tersendiri,dan tidak menjadi  dalam satu ruangan dengan mesin insenerator, limbah medis padat dan limbah B3.
Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif dari Bahan Bekas Bersumber Lingkungan Paud Walidain Solihin Jonggol Bogor Irwansyah, Asep; Sopiah, Sopiah; Riza, Eva
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v2i1.126

Abstract

Anak usia dini pun periu diberi stimulasi dalam proses tumbuh kembang yang memadai untuk meningkatkan kreativitas pada anak diberi berbagai macam kegiatan seperti: kegiatan musik, menyanyi, bermain media alam (natural), tiga dimensi, baik visual maupuri audivisual, seni rupa dan lain-lainHasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan lebih tinggi daripada anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik.Gambaran ini dapat dikatakan  bahwa  untuk  meningkatkan  kreativitas  anak  usia  dini  dapat digunakan alat permainan edukatif buatan; (2) Terdapat interaksi antara alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia dini, (3) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat menggunakan alat permainan edukatif buatan; (4) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik pada kelompok siswa motivasi belajar rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif buatan. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar rendah dapat digunakan alat permainan edukatif pabrik.
Penerapan Teknologi Multimedia Untuk Pelatihan Mengajar Efektif Dengan Metode Hypnoteaching Bagi Guru-guru SMK Respati 01 Widodo, Yohanes Bowo; Sopian, Abu; Julfia, Fenty Tristanti
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v2i1.136

Abstract

Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan, karena guru bertugas dan bertanggung jawab memotivasi, memfasilitasi, mendidik dan melatih peserta didik. Keberhasilan pengajaran sangat berhubungan dengan kemampuan dan kemauan para guru dalam pelaksanaan tugasnya. Sebagai perancang pengajaran, seorang guru harus mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terutama untuk mata pelajaran yang kurang diminati siswa. Kegiatan PKM yang dilakukan dapat menambah fasilitas pengajaran sehingga mendukung guru dalam menjalankan tugas dan peran tersebut. Untuk menunjang proses pengajaran guru SMK Respati 01, perlu dilakukan pengembangan metoda pembelajaran yang dapat membuat kelas menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Metode pembelajan ini didukung oleh kemajuan Teknologi Informasi yang relevan, dalam hal ini adalah Teknologi Multimedia yang memadukan komponen teks, suara, gambar static, gambar bergerak yaitu video dan animasi. Keseluruhan komponen tersebut digunakan untuk mendukung metode pembelajaran Hypnoteaching. Hypnoteaching menggunakan teknik hypnosis sehingga pikiran siswa dikondisikan pada keadaan yang mudah dipengaruhi dan mudah mengingat informasi yang disampaikan oleh guru untuk jangka waktu yang lama. Konten multimedia yang akan dikembangkan dapat menunjang penerapan teknik Hypnoteaching oleh guru dalam proses pembelajaran. Tim PKM melakukan pelatihan penggunaan konten multimedia sekaligus pelatihan mengajar efektif dengan metoda Hypnoteaching. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan proses pengajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran supaya prestasi akademis siswa secara umum dapat meningkat.
Pencegah Diare Melalui Cuci Tangan Pada Siswa- Siswa di Raudhatul Athfal Nurul Qur’an Suharto, Suwarningsih
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v2i1.210

Abstract

Penyakit yang mendominasi anak-anak usia balita sekitar 4-5 tahun mengalami gangguan sakit perut ketika mereka berada dilingkungan sekolah maupun di rumah , bahkan ada yang berkelanjutan hingga tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran.  Masalah ini mungkin terjadi karena anak anak tersebut memakan makanan yang dijajakan dipinggir jalan tanpa kontrol orang tua, atau ketika akan makan kondisi tangan dalam keadaan kotor sehingga kuman-kuman banyak masuk ke dalam tubuh yang tidak disadari oleh anak. Kemungkinan yang lain adalah kurang pengetahuan tentang cara membersihkan tangan. Pengabdian masyarakat kali ini memfokuskan pada penyuluhan kesehatan dampak dari perilaku yang tidak sehat dan cara melakukan prilaku hidup sehat. Cara mencegah dengan melakukan cuci tangan yang benar dengan 6 (enam) langkah. Kegiatan ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Nurul Qur’an. Ketika cuci tangan ini dilakukan dengan baik maka diharapkan efek samping  atau dampak yang nayat seperti diare dapat dicegah atau diminimalisasi. Sehingga tercipta kondisi anak anak Indonesia yang bebas dari diare.

Page 1 of 1 | Total Record : 6